Pengertian
Iklan:
Iklan merupakan informasi yang isinya
membujuk dan menarik perhatian masyarakat ramai supaya tertarik dengan barang
atau jasa yang ditawarkan dalam iklan tersebut. Menurut istilah, iklan berasal
dari bahasa Yunani yang ebrarti menggiring orang-orang kepada gagasan.
Dari pengertian diatas, dapat
dikatakan bahwa iklan memiliki arti memberitahu kepada orang banyak mengenai
barang atau jasa yang ditawarkan.
Ciri-Ciri
Iklan:
·
Mengunakan kata yang menarik, tepat,
logis dan sopan
·
Menggunakan kata yang mudah dimengerti
dan mudah diingat oleh konsumen
·
Menarik perhatian konsumen
·
Iklan haruslah
komunikatif dan informatif
Syarat
Iklan:
·
Penggunaan bahasa dan kata harus
tertata dan tidak memiliki arti ganda
·
Menggunakan bahasa yang menarik dan
mudah diingat oleh masyarakat
·
Iklan dibuat dengan memperhatikan
tata bahasa, etika, dan target
·
Tidak boleh merendahkan atau menghina
perusahaan lain
·
Iklan dibuat dengan jujur sesuai
dengan produk yang ditawarkan
Manfaat
Iklan:
Manfaat iklan untuk produsen antara
lain:
·
Produk menjadi lebih terkenal di
masyarakat
·
Perusahaan memperoleh keuntungan
dalam bisnis dengan melonjaknya nilai jual produk karena iklan
Manfaat iklan untuk masyarakat yaitu
masyarat lebih tahu dan lebih mengenal mengenai produk yang akan di gunakan dan
lebih pandai untuk memilih produk mana yang tepat untuk digunakan.
Jenis
Jenis Iklan:
Berdasarkan Medianya
1. Iklan Cetak
Iklan cetak
merupakan iklan yang dibuat dan dipasang menggunakan teknik cetak, seperti koran, majalah, tabloid dll. Berikut ini merupakan 3 wujud iklan cetak, yaitu
·
Iklan baris, merupakan iklan yang
hanya berisi tidak lebih dari 3-4 baris, dan luas iklan tidak melebihi satu
kolom
·
Iklan kolom, merupakan iklan yang
memiliki luas satu kolom, namun lebih tinggi dibanding iklan baris.
·
Iklan display, merupakan iklan yang
memiliki ukuran lebih luas dibandingkan iklan kolom.
2.
Iklan elektronik
Iklan eketronik
merupakan iklan yang menggunakan media berbasis elektronik. Secara spesifik
iklan elektronik berupa, antara lain
·
Iklan radio, yaitu iklan yang dipublikasikan
lewat radio, biasanya berupa kombinasi antara voice dan efek suara (sound
effect).
·
Iklan Televisi, yaitu iklan yang
dipublikasikan melalui televisi berupa komninasi dari suara, gamabr, dan gerak.
·
Iklan internet, yaitu iklan yang yang
dipublikasikan melalui internet, iklan internet ada yang didengar ada pula
hanya tampilan gambar.
Berdasarkan Tujuannya
1. Iklan komersial, yaitu iklan yang
bertujuan untuk memasarkan barang dan jasa. Dibedakan menjadi 2 yaitu,
·
iklan tastis (iklan yang mendesak
konsumen untuk segera membeli)
·
Iklan strategis (iklan yang membangun
merk dagang)
2. Iklan non komersial, yaitu iklan yang
digunakan untuk menginformasikan, membujuk atau mendidik khalayak di mana
tujuan akhirnya bukan mencari keuntungan ekonomi, melainkan keuntungan sosial.
Pengertian
Iklan:
Iklan merupakan informasi yang isinya
membujuk dan menarik perhatian masyarakat ramai supaya tertarik dengan barang
atau jasa yang ditawarkan dalam iklan tersebut. Menurut istilah, iklan berasal
dari bahasa Yunani yang ebrarti menggiring orang-orang kepada gagasan.
Dari pengertian diatas, dapat
dikatakan bahwa iklan memiliki arti memberitahu kepada orang banyak mengenai
barang atau jasa yang ditawarkan.
Ciri-Ciri
Iklan:
·
Mengunakan kata yang menarik, tepat,
logis dan sopan
·
Menggunakan kata yang mudah dimengerti
dan mudah diingat oleh konsumen
·
Menarik perhatian konsumen
·
Iklan haruslah
komunikatif dan informatif
Syarat
Iklan:
·
Penggunaan bahasa dan kata harus
tertata dan tidak memiliki arti ganda
·
Menggunakan bahasa yang menarik dan
mudah diingat oleh masyarakat
·
Iklan dibuat dengan memperhatikan
tata bahasa, etika, dan target
·
Tidak boleh merendahkan atau menghina
perusahaan lain
·
Iklan dibuat dengan jujur sesuai
dengan produk yang ditawarkan
Manfaat
Iklan:
Manfaat iklan untuk produsen antara
lain:
·
Produk menjadi lebih terkenal di
masyarakat
·
Perusahaan memperoleh keuntungan
dalam bisnis dengan melonjaknya nilai jual produk karena iklan
Manfaat iklan untuk masyarakat yaitu
masyarat lebih tahu dan lebih mengenal mengenai produk yang akan di gunakan dan
lebih pandai untuk memilih produk mana yang tepat untuk digunakan.
Jenis
Jenis Iklan:
Berdasarkan Medianya
1. Iklan Cetak
Iklan cetak
merupakan iklan yang dibuat dan dipasang menggunakan teknik cetak, seperti koran, majalah, tabloid dll. Berikut ini merupakan 3 wujud iklan cetak, yaitu
·
Iklan baris, merupakan iklan yang
hanya berisi tidak lebih dari 3-4 baris, dan luas iklan tidak melebihi satu
kolom
·
Iklan kolom, merupakan iklan yang
memiliki luas satu kolom, namun lebih tinggi dibanding iklan baris.
·
Iklan display, merupakan iklan yang
memiliki ukuran lebih luas dibandingkan iklan kolom.
2.
Iklan elektronik
Iklan eketronik
merupakan iklan yang menggunakan media berbasis elektronik. Secara spesifik
iklan elektronik berupa, antara lain
·
Iklan radio, yaitu iklan yang dipublikasikan
lewat radio, biasanya berupa kombinasi antara voice dan efek suara (sound
effect).
·
Iklan Televisi, yaitu iklan yang
dipublikasikan melalui televisi berupa komninasi dari suara, gamabr, dan gerak.
·
Iklan internet, yaitu iklan yang yang
dipublikasikan melalui internet, iklan internet ada yang didengar ada pula
hanya tampilan gambar.
Berdasarkan Tujuannya
1. Iklan komersial, yaitu iklan yang
bertujuan untuk memasarkan barang dan jasa. Dibedakan menjadi 2 yaitu,
·
iklan tastis (iklan yang mendesak
konsumen untuk segera membeli)
·
Iklan strategis (iklan yang membangun
merk dagang)
2. Iklan non komersial, yaitu iklan yang
digunakan untuk menginformasikan, membujuk atau mendidik khalayak di mana
tujuan akhirnya bukan mencari keuntungan ekonomi, melainkan keuntungan sosial.