Materi Iklan Bisnis Online

Pengertian Iklan:
Iklan merupakan informasi yang isinya membujuk dan menarik perhatian masyarakat ramai supaya tertarik dengan barang atau jasa yang ditawarkan dalam iklan tersebut. Menurut istilah, iklan berasal dari bahasa Yunani yang ebrarti menggiring orang-orang kepada gagasan.
Dari pengertian diatas, dapat dikatakan bahwa iklan memiliki arti memberitahu kepada orang banyak mengenai barang atau jasa yang ditawarkan.


Ciri-Ciri Iklan:
·         Mengunakan kata yang menarik, tepat, logis dan sopan
·         Menggunakan kata yang mudah dimengerti dan mudah diingat oleh konsumen
·         Menarik perhatian konsumen
·         Iklan haruslah komunikatif dan informatif

Syarat Iklan:
·         Penggunaan bahasa dan kata harus tertata dan tidak memiliki arti ganda
·         Menggunakan bahasa yang menarik dan mudah diingat oleh masyarakat
·         Iklan dibuat dengan memperhatikan tata bahasa, etika, dan target
·         Tidak boleh merendahkan atau menghina perusahaan lain
·         Iklan dibuat dengan jujur sesuai dengan produk yang ditawarkan

Manfaat Iklan:
Manfaat iklan untuk produsen antara lain:
·         Produk menjadi lebih terkenal di masyarakat
·         Perusahaan memperoleh keuntungan dalam bisnis dengan melonjaknya nilai jual produk karena iklan
Manfaat iklan untuk masyarakat yaitu masyarat lebih tahu dan lebih mengenal mengenai produk yang akan di gunakan dan lebih pandai untuk memilih produk mana yang tepat untuk digunakan.

Jenis Jenis Iklan:
Berdasarkan Medianya
         
         1.       Iklan Cetak
         Iklan cetak merupakan iklan yang dibuat dan dipasang menggunakan teknik cetak, seperti           koran, majalah, tabloid dll. Berikut ini merupakan 3 wujud iklan cetak, yaitu
·         Iklan baris, merupakan iklan yang hanya berisi tidak lebih dari 3-4 baris, dan luas iklan tidak melebihi satu kolom
·         Iklan kolom, merupakan iklan yang memiliki luas satu kolom, namun lebih tinggi dibanding iklan baris.
·         Iklan display, merupakan iklan yang memiliki ukuran lebih luas dibandingkan iklan kolom.
         2.      Iklan elektronik
         Iklan eketronik merupakan iklan yang menggunakan media berbasis elektronik. Secara                 spesifik iklan elektronik berupa, antara lain
·         Iklan radio, yaitu iklan yang dipublikasikan lewat radio, biasanya berupa kombinasi antara voice dan efek suara (sound effect).
·         Iklan Televisi, yaitu iklan yang dipublikasikan melalui televisi berupa komninasi dari suara, gamabr, dan gerak.
·         Iklan internet, yaitu iklan yang yang dipublikasikan melalui internet, iklan internet ada yang didengar ada pula hanya tampilan gambar.
Berdasarkan Tujuannya
        1.      Iklan komersial, yaitu iklan yang bertujuan untuk memasarkan barang dan jasa.                                    Dibedakan menjadi 2 yaitu,
·         iklan tastis (iklan yang mendesak konsumen untuk segera membeli)
·         Iklan strategis (iklan yang membangun merk dagang)

      2.       Iklan non komersial, yaitu iklan yang digunakan untuk menginformasikan, membujuk atau      mendidik khalayak di mana tujuan akhirnya bukan mencari keuntungan ekonomi, melainkan      keuntungan sosial.