CONTOH SOAL LATIHAN UN PRODUKTIF PEMASARAN


Latihan Soal UN Produktif Pemamasukan Dan Kunci Jawaban
1. Di bawah ini termasuk ke dalam lima unsur penting perusahaan, kecuali . . .
a.Organisasi
b.Produksi
c.Uang
d.Kebutuhan konsumen
Jawab: (c)

 2. Yang termasuk ke dalam tubuh perjuangan ialah . . .
a.Toko
b.Instansi
c.Firma
d.Pabrik
Jawab: (c)
    
 3.Di bawah ini termasuk keburukan dari Persekutuan Komanditer ialah . . .
a.Pendirian gampang
b.Jumlah sumber dana yang ada besar
c.Manajemen baik alasannya bisa diversifikasi
d.Kelangsungan hidup tidak menentu
Jawab: (d)
    
 4.Yang termasuk Perusahaan Jawatan ialah . . .
a.PLN
b.PAM
c.Perumtel
d.PJKA
Jawab: (d) 
 
 5. Yang termasuk bentuk koperasi yang sanggup dilihat dari luas wilayahnya ialah . . .
a.Koperasi Primer
b.Koperasi Produksi
c.Koperasi Kredit
d.Koperasi Konsumsi
Jawab: (a)

 6.Seni merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengkoordinasikan serta mengawasi tenaga insan dengan menolongan alat-alat untuk mencapai tujuan yang sudah ditatapkan. Pengertian dari . . .
a.Manajemen
b.Manajer
c.Personalia
d.Organisasi
Jawab: (a)

 7. Di bawah ini yang termasuk fungsi manajemen, kecuali . . .
a.Planning
b.Money
c.Directing
d.Controlling
Jawab: (b)
  
 8. Organisasi ialah suatu proses tersusun yang orang-orangnya diberinteraksi untuk mencapai tujuan. Definisi ini berdasarkan . . .
a.Oei Liang Lee
b.Boone dan Katz
c.Basu Swastha
d.Flippo
Jawab: (b)   

 9. Bentuk struktur organisasi dibagi menjadi 6 golongan, ciri-ciri dari Organisasi Fungsional ialah . . .
a.Sarana dan alatnya terbatas
b.Organisasi kecil
c.Karyawan besar
d.Organisasi besar
Jawab: (b)   

 10. Nama lain dari Organisasi administrasi proyek ialah . . .
a.Organisasi Matrik
b.Organisasi Komite
c.Organisasi Lini
d.Organisasi Fungsional
Jawab: (a)

 11. Nama lain dari administrasi sumberdaya insan ialah . . .
a.Manajemen personalia
b.Manajemen pemamasukan
c.Manajemen produksi
d.Manajemen pembelanjaan
Jawab: (a)   

 12. Di bawah ini yang termasuk fungsi operasional dari administrasi personalia, kecuali:
a.Fungsi pengadaan
b.Fungsi pengembangan
c.Fungsi pengarahan
d.Fungsi integrasi
Jawab: (c)    

 13.Di bawah ini yang termasuk fungsi manajerial dari administrasi personalia ialah . . .
a.Kompensasi
b.Perencanaan
c.Pengembangan
d.Pemeliharaan
Jawab: (b)

 14. Orang yang bekerja di bawah perintah orang lain dan orang tersebut mendapatkan upah sebagai imbalan atas pekerjaan yang mereka lakukan. Pengertian dari . . .
a.Majikan
b.Pengusaha
c.Karyawan
d.Buruh
Jawab: (d)  
 
 15. Di bawah ini bentuk perjanjian kolaborasi kecuali . . .
a.Closed Shop agreement
b.Umum Shop Agreement
c.Open Shop Agreement
d.Boikot Shop Agreement
Jawab: (d)

 16.Kemampuan perusahaan dalam memperoleh pendapatan dari sejumlah modal yang dipergunakan disebut . . .
a.Rentabilitas
b.Rehabilitas
c.Efisiensi
d.Efisien
Jawab: (a) 
  
 17. Yang termasuk dalam pengunaan dana dalam jangka pendek kecuali . . .
a.Kas
b.Peralatan
c.Piutang
d.Persediaan
Jawab: (b)

 18. Pengertian usang pembelanjaan ialah . . .
a.Menyediakan barang
b.Menyediakan dana
c.Menyediakan uang
d.Menyediakan peralatan
Jawab: (b)

 19. Pada dasarnya pengunaan dana digolongkan menjadi 2 di antaranya . . .
a.Aktiva tetap
b.Aktiva lancar
c.Jangka pendek
d.Jangka waktu
Jawab: (c)

 20.Tujuan pembelanjaan perusahaan kecuali . . .
a.Mendapatkan atau menaikan perhiasan dana perusahaan
b.Menggunakan dana secara efisien
c.Mendistribusikan keuntungan perusahaan kepada yang berhak
d.Menggunakan dana secara berlebihan
Jawab: (d)

21.Proses komunikasi dimulai pada dikala :
A. Pengirim mempunyai pesan yang ingin dituangkan ke dalam suatu ide
B. Pengirim menentukan media komunikasi yang paling efisien untuk memberikan pesan
C. Pengirim mempunyai wangsit yang ingin disampaikan
D. Pengirim menerjemahkan pesan menjadi wangsit yang sanggup dipahaminya
E. Pengirim mengirimkan pesan yang sudah disusun kedalam suatu informasi yang logis

22. Salah satu bentuk komunikasi informal yang dilakukan dengan pihak eksternal organisasi ialah :
A. Company profile
B. Proposal penawaran bisnis
C. Surat order pembelian
D. Makan siang dengan klien perusahaan
E. Chatting dengan rekan sekantor

23. Strategi berkomunikasi yang efektif, antara lain :
A. Mengatur chain of command organisasi
B. Mengadakan analisa pekerjaan
C. Melakukan komunikasi formal dan informal
D. Memdiberikan feedback yang konstruktif
E. Mengantisipasi kasus organisasi

24. Mengirimkan laporan keuangan harian kepada atasan di kantor ialah ialah bentuk komunikasi :
A. Informal
B. Formal
C. Non verbal
D. Efisien
E. Efektif


25. Pernyataan diberikut ialah fungsi utama dari komunikasi bisnis, kecuali :
A. Ekspresi perasaan dan emosi
B. Mengatur tindakan pihak lain
C. Memdiberikan informasi bagi pihak lain
D. Mendikte pihak lain
E. Memotivasi pihak lain

26. Proses komunikasi dikatakan efektif apabila :
A. Pesan dikirimkan oleh pengirim dengan memakai media ekspresi dan non verbal
B. Mempercepat komunikasi formal perusahaan
C. Pihak lain mengerti dengan terang pesan yang dimaksud dan merespon sesuai dengan yang       diharapkan
D. Menyatakan suatu kesan positif supaya peserta pesan memahami wangsit yang diutarakan
E. Ide sanggup dirubah menjadi sebuah konsep

27. Apabila PT. Lapindo Brantas, bermaksud mempersembahkan keterangan publik sehubungan dengan pemberian kompensasi kepada korban peristiwa lumpur gerah di kawasan Porong, Sidoarjo, maka ialah samasukan utama komunikasi ialah dari organisasi kepada :
A. Yayasan
B. Pemerintah
C. Lembaga
D. Institusi
E. Kelompok

28. Decoding dalam proses komunikasi terjadi pada dikala :
A. Penerima menerjemahkan pesan menjadi suatu makna yang sanggup dipahaminya
B. Pengirim menerjemahkan wangsit menjadi pesan yang sanggup dipahami pihak lain
C. Menyalurkan pesan melalui pilihan kanal komunikasi yang ada
D. Penerima mengirimkan feedback kepada pengirim pesan
E. Pengirim menyusun suatu pesan menjadi informasi yang mempunyai kegunaan

29. Hambatan dalam proses komunikasi bisnis sanggup berupa hal sebagai diberikut, kecuali :
A. Kelebihan informasi
B. Jenis pekerjaan
C. Perbedaan bahasa
D. Perbedaan persepsi
E. Taktik deceptive

30. Berikut ialah pihak yang sanggup dikategorikan sebagai pengirim dan peserta pesan :
A. Individu
B. Tim
C. Organisasi
D. Jawaban a dan b yang benar
E. Jawaban a, b dan c yang benar

31. Pernyataan diberikut ialah ialah alasan mengapa bentuk komunikasi non verbal lebih sanggup mengemban amanah dibandingkan dengan komunikasi verbal :
A. Komunikasi verbal tidak terstruktur
B. Komunikasi verbal tidak sanggup mempersembahkan feedback eksklusif
C. Komunikasi non verbal menggambarkan kondisi emosi si pengirim pesan
D. Komunikasi non verbal tidak tidak sama antar budaya
E. Komunikasi non verbal sanggup meningkatkan kecakapan mendengar

32. misal komunikasi non verbal ialah sebagai diberikut, kecuali :
A. Menggunakan warna terang
B. Pengaturan tempat duduk
C. Menjabat tangan dengan erat
D. Mengirimkan email
E. Merendahkan intonasi bunyi

33. Salah satu upaya untuk melaksanakan komunikasi non verbal yang efektif antara lain :
A. Memperhatikan penerapan waktu
B. Lebih banyak memakai komunikasi non verbal
C. Memperhatikan dan menganalisa bahasa tubuh lawan bicara secermat mungkin
D. Menggunakan trik tertentu untuk mencairkan suasana yang kaku
E. Menggunakan bahasa absurd sesering mungkin

34. Salah satu kelemahan dari kerja kelompok ialah biaya, yaitu ialah suatu kondisi dimana :
A. Salah satu anggota kelompok tidak mempersembahkan donasi biaya bagi kinerja kelompok
B. Banyak waktu dan biaya yang termembuang spesialuntuk untuk mengkoordinasi                         kerjasama antar angggota kelompok
C. Adanya motif tersembunyi dari salah satu anggota kelompok untuk memenuhi kebutuhan                     pribadinya
D. Adanya perbedaan tujuan pribadi antar anggota kelompok sehingga menyebabkan pemborosan           biaya
E. Semua jawabanan salah

35. Berikut ialah rujukan kasus ; gaya mendengar dengan berempati. Nina merangkul pundak teman  dekatnya yang sedang menangis, hal ini dilakukan oleh Nina untuk mengungkapkan bahwa ia sedang berusaha untuk :
A. Menenangkan hati teman dekatnya
B. Menunjukan bahwa ia peduli
C. Menerima segala keluh kesah
D. Menguatkan hati teman dekatnya
E. Semua jawabanan diatas benar

36. Alasan perusahaan menentukan kerjasama kelompok dibandingkan dengan kerja individu alasannya perusahaan memperoleh manfaat sebagai diberikut, kecuali :
A. Meningkatkan distribusi informasi
B. Mempergampang penerimaan solusi
C. Biaya kerjasama kelompok lebih murah
D. Meningkatkan kinerja karyawan
E. Mempercepat transfer pengetahuan

37. Anggota kelompok yang menjalankan tugas sebagai self oriented roles, mempunyai karakteristik sikap :
A. Mendominasi kelompok dan mencari perhatian
B. Melakukan kompromi dan mencari perhatian
C. Inisiatif dan koordinatif
D. Menarik diri dan partisipatif
E. Kompromi dan menjaga harmoni kelompok

38. Dalam suatu tahap evolusi kelompok, para anggota kelompok mulai memperperihalkan nilai–nilai pribadi yang dimilikinya berbanding dengan anggota lain, yaitu tahap :
A. Brainstorming
B. Emergence
C. Orientasi
D. Konflik
E. Mengatasi konflik

39. Dalam proses listening terdapat tahap ; menerima, interpretasi, menyimpan dalam memori dan evaluasi. Tahapan tersebut dalam proses komunikasi ialah tahapan :
A. Encoding oleh pengirim
B. Encoding oleh peserta
C. Decoding oleh pengirim
D. Decoding oleh peserta
E. Semua jawabanan salah

40. Individu sanggup menentukan gaya mendengar diberikut untuk sanggup meterbaikkan kemampuan berkomunikasi :
A. Kritis
B. Empati
C. Isi
D. Jawaban a dan b yang benar
E. Jawaban a, b dan c yang benar